Perpanjang STNK Drive-Thru

Kemarin (7 - Oktober - 2009) saya dan seorang sahabat iseng mencoba fasilitas baru di Samsat Jakarta Selatan yaitu pengurusan perpanjang STNK Drive Thru. Berhubung iseng dan lagi suntuk akhirnya dengan sengaja nebeng beliau setelah sebelumnya mampir ke rumah beliau di area bintaro.

sebelumnya persiapan rutin untuk perpanjangan STNK dipersiapkan seperti :

- STNK asli kendaraan

- KTP pemilik kendaraan

- BPKB kendaraan

- Uang tunai (belum mendukung pambayaran melalui kartu kredit maupun kartu debit / ATM)

setelah tiba di lokasi Samsat, kami berdua sempat terkecoh dengan jalur antriannya yang sepi (dipikir tutup untuk istirahat) tapi ternyata TIDAK ada satupun mobil yang ikutan memperpanjang di antrian drive-thru entah karena posisi loketnya atau banyak yang belum mengetahui fasilitas baru ini.



Setelah itu semua dokumen diserahkan kepada petugas untuk di pindai dan selanjutnya akan dikembalikan tanpa lembar pajak lama.



Setelah itu mobil bergerak kedepan sekitar 1 - 2 meter menuju loket pembayaran pajak, untuk jumlah pajak yang dibayarkan terpasang layar di bagian atap loket sejajar dengan mobil yang memperlihatkan jumlah uang yang harus dibayar (tidak terfoto). Ketika pajak telah dibayarkan maka lembar STNK dan lembar pajak baru diserahkan kepada pemilik kendaraan.


Seluruh proses memakan waktu 3 menit (mulai masuk loket pukul 11.40 selesai pukul 11.43) dan itu sudah termasuk memotret, proses kerja pengurusan STNK dan bonus senyuman dari petugas loket hihii... :D :D :D

Special Note :

- Hanya untuk kendaraan roda 4 PRIBADI plat B Jakarta (Selatan, Pusat, Timur, Utara, Barat), atas nama perorangan.

- Hanya untuk perpanjangan STNK saja. Untuk penggantian plat nomor (5 tahunan) dan proses lainnya, harus melalui loket di dalam gedung.

- Seluruh pengurusan dokumen tanpa  CALO dan tanpa isi formulir

3 comments:

Dodi Mulyana said...

Good info gan... berguna buat saia yang nggak punya mobil *disetrum ndaru*

Cipu Suaib said...

Kunjungan pertama ke blog baru, semoga akan ada postingan selanjutnya (worship)

luvie said...

jadi pengen beli mobil biar bisa nyoba fasilitas ini.. *loh!*

Post a Comment