Salad Sekilas 01

Anda pernah makan salad ? bagi para vegetarian dan penggemar hidangan sayur lainnya salad merupakan hidangan yang dapat memberikan kenikmatan lahir-batin. Selain menyehatkan, salad begitu mudah dibuat, kombinasi bahannya tak akan ada habisnya dan jenis sausnya pun tidak terbatas.

Di Indonesia sendiri salad sudah lama dikenal, meski pada awalnya masih terbatas pada Huzaren Sla. Sausnya pun sederhana, hanya bubur tepung dicampur margarin leleh dan kuning telur masak yang dilumatkan. Kini varian salad pun makin banyak. Pada awal 1990-an salad mulai populer di Indonesia, karena pada saat yang bersamaan banyak bermunculan jenis sayuran baru. Ditambah faktor kesadaran akan kesehatan yang semakin meningkat, kesempatan orang untuk melancong ke luar negeri, serta munculnya salad bar di beberapa restoran terkemuka.

Tak hanya jenis sayuran sebagai bahannya, salad pun dapat ditambahkan aneka bahan seperti daging, ikan, udang, buah, keju, telur dan lainnya. Tidak hanya disajikan sebagai hidangan pembuka, namun juga dapat dijadikan sebagai hidangan utama bahkan sampai sebagai hidangan penutup tergantung pada kombinasi bahan yang dipakai.



Jenis

Karena banyaknya varian salad, maka secara umum salad dibedakan berdasarkan fungsi hidangan dan jenisnya.

1. Berdasarkan fungsinya, salad dibedakan menjadi 3 kategori :

Hidangan Pembuka, salad harus ringan tapi fancy, bahan yang sering digunakan adalah aneka sayuran seperti daun selada, mentimun, jagung manis, asparagus, jamur, udang rebus, aneka seafood lain atau ayam rebus.

Hidangan Utama, salad harus mengenyangkan dan umumnya dilengkapi sumber protein seperti telur rebus, sosis, atau daging asap, sedangkan sayuran utamanya yang harus ada adalah kentang, acar mentimun, dan / atau bawang bombay.

Hidangan Penutup, salad ini memiliki tampilan yang sederhana, tidak mengenyangkan, dan bahannya hanya sayuran. Bisa menggunakan daun selada, kol merah dan wortel. selain itu bisa juga menggunakan bahan dasar dari buah.

2. Berdasarkan jenisnya salad dibedakan menjadi 2 kategori :

Salad Hijau, hijau yang dimaksud adalah bahan utamanya yang selalu menggunakan jenis sayuran dan juga yang dominan berwarna hijau, misal : daun selada, selada air ( watercress ), seledri, mentimun, asparagus, dan lain-lain.

Salad Buah, dari namanya anda tentu sudah paham. Salad ini menggunakan buah sebagai bahannya, misal : apel, jeruk, melon, anggur, belimbing, dan lain-lain.

Rahasia Kelezatan Salad

Faktor utama yang menjamin kelezatan salad adalah pada kesegaran bahan dan sausnya. Selalu gunakan bahan yang kualitas prima, terlebih untuk salad segar ( tanpa dimasak ). Pilih sayuran yang muda dan tanpa cacat. Untuk daun selada, pilihlah yang masih segar supaya renyah. Sedangkan untuk tomat, gunakan yang masih kencang.

faktor lainnya :
* Sebelum bahan salad digunakan, cuci bersih semua bahan sayuran lalu tiriskan. Jika perlu keringkan dengan kain serbet atau tisu dapur. Jika tidak kering benar maka air yang menempel akan mengurangi daya tempel saus.

* Jika sayuran tidak segera digunakan dalam waktu lama, simpanlah sayuran dalam wadah tertutup dan kedap udara. Lalu simpan dalam kulkas agar kondisi kerenyahan sayur dapat terjaga.

* Pada saat menyajikan, tambahkan saus pada salad secukupnya, tidak terlalu banyak maupun sedikit, asal dapat membasahi tiap bahan sehingga tak ada yang terkumpul di dasar mangkuk. Jika menggumpal maka akan menghilangkan kerenyahan salad.

0 comments:

Post a Comment